Jumat, 06 Oktober 2017

Bullying oh Bullying

Kalian ngerasa ga sih Sejak ada kata baper, Kata maaf jadi sudah jarang terdengar??!!

Ketika ada salah seorang diantara kita sedikit marah dengan ucapan kita yang entah di sengaja atau tidak, lalu kita segera menyimpulkan 

"Ah Baper banged aih lo Jadi orang, Orang kita bercanda juga"

Hellow Mba,Mas, Ibu, Bapak, Om Dan Tante...

Bisa ga sih kita sedikit bersadar diri ketika hal itu terjadi di sekitar kita, mencoba introspeksi. Apakah perkataanku menyakitinya? Apakah perlakuanku menghinanya? Dan tanya lagi pada lubuk Hati kita yang paling dalam, Apakah Kita suka jika diperlakukan demikian?   #Eh...Malah Gue curhat 😅.


Padahal Allah SWT berfirman pada surat Al-Isra (17) : 53
 Dan katakanlah kepada hamba-hambaku " Hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang lebih baik (Benar)."

Nah dari Firman Allah SWT diatas kita dapat mengambil pelajaran bahwa kita lebih baik berkata-kata yang baik atau diam. karena setiap ucapan kita akan menentukan apa yang akan kita lakukan.

Saat ini di jaman era digital mungkin istilah mulutmu adalah harimaumu sudah tidak berlaku lagi. namun saat ini lebih tepat menggunakan kata Statusmu adalah harimaumu. dimana kita antara sadar dan tak sadar bukan hanya sekedar berkata kasar namun sudah melakukan tindakan bullying. 

Salah satu hal yang paling sering kita lakukan adalah dengan menbicarakan fisik, Memanggil dengan sebutan fisik. seperti cungkring, Ndut, Tonggos atau panggilan fisik lainnya yang membuat orang tersebut tidak merasa nyaman. 

Bukankah Allah Menciptakan manusia dengan sebaik-baiknya rupa? lalu mengapa kita yang hanya seorang hamba dapat dengan mudahnya mencela ciptaan sang Maha Pencipta. 

"Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik dari pada sedekah yang menyakitkan (perasaan) si penerima. Allah maha kaya lagi maha penyantun (Q.S. Al-Baqarah(2):263)

Ibarat Sepotong kayu yang ditanamkan paku kepadanya. Sekalipun paku tersebut dicabut, namun bekasnya masih ada. Sama dengan perkataan kita yang menyakiti hati saudara kita, walaupun kita sudah meminta maaf namun sakit dari perkataan itu kadang masih terasa. Forgive but not Forget. 

Soo...

Sudah saatnya kita berusaha untuk merubah diri kita untuk belajar berkata yang baik dan tidak menyakiti. karena Kullu kalam Addu'a, Ucapan adalah doa. 

Met Rehat kawan 😄


Tidak ada komentar:

Posting Komentar